Menggunakan Social Media Untuk Personal Branding

DIGITALSQUAD – Salah satu cara agar bisa sukses dalam karir maupun bisnis adalah dengan mengembangkan jaringan (networking). Dan salah satu cara terbaik untuk membuat jaringan semakin luas adalah dengan mengenalkan diri kepada publik secara luas, atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan personal branding.

Personal branding pun tidak dilakukan dengan sembarangan, bukan hanya karena ingin dikenal oleh banyak orang lalu melakukan hal-hal kontroversial yang kadang tidak sejalan dengan visi dan misi pribadi. Berikut Digitalsquad coba berikan beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai personal branding melalui social media.

  1. Visualisasikan Visi Misi Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa image merupakan salah satu sarana terbaik untuk menyampaikan visi dan misi, bagi Anda yang ingin melakukan personal branding mulailah untuk menciptakan visualisasi yang baik tentang apa yang ingin Anda sampaikan kepada publik. Bisa dimulai dari mengganti profile picture Anda hingga cover page dan image posting sesuai dengan strategi digital marketing Anda.

  1. Pisahkan Akun Pribadi & Akun Publik

Ini memang tidak diharuskan, namun alangkah lebih baik memisahkan dua akun ini karena kepentingannya juga berbeda. Hasrat untuk memposting hal-hal pribadi bisa Anda salurkan di akun personal. Bisa dipertimbangkan untuk membuat fanspage (facebook) agar bisa terlihat lebih professional.

  1. Tetapkan “Pembawaan” dan Karakter

Sama dengan poin nomor satu, bila pada poin tersebut visi dan misi diterjemahkan ke dalam visualisasi, pada poin nomor tiga ini lebih cenderung ke bagaimana Anda berinteraksi dengan para audience Anda baik itu dari segi pandangan maupun penggunaan kata-kata dalam setiap posting.

  1. Set Gol, Brand Awareness!

Pada personal branding harus dipahami bahwa tujuan utama Anda adalah agar sebanyak mungkin orang tahu mengenai diri Anda. Oleh sebab itu, arahkan setiap kegiatan digital marketing untuk mencari audience, tentu saja dengan target dan konten yang tepat.

  1. Mendengar dan Perbanyak Engagement

Kampanye personal branding yang baik menurut Digitalsquad adalah dengan melakukan banyak interaksi dengan audience yang sudah dikumpulkan dengan berbagai macam cara dan marketing. Karena kembali kepada kata “personal” bahwa sejatinya kampanye ini harus menonjolkan sisi “humanity” dengan segala persoalannya, dan untuk bisa menggali lebih dalam dibutuhkan feedback dari audience dan juga sedikit diskusi. Pada akhirnya Anda akan dikenal dekat dengan isu yang diangkat, dan melalui proses Anda akan dikenal sebagai expert dari sebuah topic/isu tertentu.

Leave a comment