Ingin Punya Website? Ini Beberapa Pilihan Alternatifnya

DIGITALSQUAD – Ingin ikut terjun ke dunia Digital Marketing, namun belum punya website? Anda seperti ingin hidup di sebuah dunia namun tidak memiliki rumah di dunia tersebut, alhasil? Anda bisa masuk golongan homeless (tidak berwebsite) atau “ngontrak” (menyewa website atau numpang di situs-situs jejaring hingga market place).

Membangun Website Sendiri Punya Kekurangan & Kelebihan

Bila Anda ingin terjun ke dunia Digital Marketing, maka website adalah  asset wajib yang harus Anda miliki . Ada dua alternatif, yakni memiliki website dengan membangun dari awal baik secara personal atau tim dan bisa juga menggunakan jasa pembuatan web yang saat ini sudah banyak sekali beredar. Pilihan berikutnya adalah dengan menyewa website (monthly payment) atau cuma sekedar numpang eksis di sosial media hingga berjualan memanfaatkan situs market place.

Ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing opsi tersebut yang akan saya ulas sedikit kepada sobat DigitalSquad sekalian:

  1. Membangun Website Sendiri

Apabila Anda memilih opsi ini, sebaiknya Anda benar-benar menguasai semua ilmu yang bersifat teknikal sekaligus insting marketing yang kuat. Setelah menguasai ilmu dan teknik yang mumpuni, kalian diharapkan juga terus mencari informasi bermanfaat lainnya baik melalui buku ataupun referensi-referensi di internet. Beberapa ilmu yang harus Anda kuasai adalah misalnya tentang HTML (dasar), PHP, hingga yang mungkin lebih user friendly adalah dengan memanfaatkan CMS seperti WordPress atau Joomla. Selain itu Anda juga harus menguasai ilmu tentang database juga loh!

Kelebihan:

  • Anda bisa lebih hemat biaya dan semakin pintar J

Kekurangan:

  • Tidak semua orang punya waktu dan ilmu untuk mengembangkan web sendiri.

Baca juga Ayo Tinggalkan Teknik SEO Yang Sudah “Usang” 

 

  1. Membangun Website Bersama Tim

“Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh!” sedikit slogan dari saya untuk alternatif yang satu ini. Anda diwajibkan membangun tim dengan orang-orang yang memiliki kemampuan minimal coding (HTML, CMS) dan web design (Adobe). Dengan dua orang anggota tim tersebut sebenarnya Anda sudah bisa membangun sebuah website sendiri sekaligus mengelolanya agar tetap berjalan dengan baik, namun untuk skala pembuatan website yang lebih besar dan digarap lebih serius, harus ada tambahan personil seperti Project Manager, UX Designer, Information Architect, hingga copywritter.

Kelebihan:

  • Website dapat dibuat sesuai keinginan dan bisa diubah-ubah sesuai keinginan

Kekurangan:

  • Terdapat biaya bulanan untuk hire anggota tim
  • Kesulitan mencari SDM yang tepat

 

  1. Menyewa website

Layanan seperti ini mulai marak ditawarkan. Konsepnya sederhana, Anda bisa mendapatkan website yang cukup cantik dengan fitur-fitur yang lengkap (sesuai budget) namun Anda diwajibkan untuk membayar “uang sewa” selama periode waktu tertentu (bualanan atau tahunan).

Kelebihan:

  • Cukup terjangkau untuk pemula
  • mudah, cepat, dan website menggunakan template-template yang sudah didesign sedemikian rupa untuk kebutuhan bisnis

Kekurangan:

  • Anda berhenti berlangganan, lalu website Anda *Pooff..!* Hilang dari peredaran.

 

  1. Nebeng di Sosial Media dan Market Place

Banyak dari pebisnis dan pengusaha yang masih menggunakan trik ini, menjadikan sosmed dan market place sebagai website mereka. Tidak salah, dan justru memiliki banyak kelebihan apabila kita memilih alternatif ini. Mengapa? Anda tidak perlu keluar biaya apa-apa dan tetap bisa “eksis” di dunia maya. Ini adalah alternatif favorit bagi para pebisnis pemula.

Kelebihan:

  • Praktis, hemat biaya dan pasarnya sangat besar

Kekurangan:

  • Tidak memiliki Digital Asset sendiri, misalnya ketika semua tempat itu harus tutup, bisnis Anda juga bisa terancam tutup, dan usaha yang telah dilakukan selama rentang waktu tersebut bisa menjadi sia-sia.

 

  1. Menyewa Jasa Pembuatan Website

Sedikit beriklan yah sobat DS. Ini adalah salah satu alternatif yang ditawarkan oleh DigitalSquad. Anda bisa mendapatkan website sesuai keinginan Anda dengan fitur dan design yang Anda tentukan sendiri. Dan biasanya jasa pembuatan website itu sudah memiliki tim dengan spesialisasi masing-masing (pada poin no.2) sehingga project pembuatan website bisa berjalan secara profesional dan sesuai target.

Kelebihan:

  • Website menjadi asset Anda karena diserahkan sepenuhnya oleh developer
  • Fitur-fitur dan design bisa custom sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda

Kekurangan:

  • Biaya yang cukup besar di awal (1x payment)

Pada digitalsquad terdapat fitur cicilan 12 bulan dengan bunga 0%

So, sudah memutuskan ingin memakai alternatif yang mana? Semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi kembali ke keputusan Anda, sebaiknya pilihan membangun website ini disesuaikan dengan kondisi, situasi, dan kebutuhan Anda. Saran dari DigitalSquad untuk langkah awal, cobalah pelajari dan buatlah website sendiri agar bisa tahu seluk-beluk pembuatan website sembari terus eksis di sosial media dan market place yang ada. Bila bisnis Anda mulai berkembang, mulailah untuk membuat website dengan bantuan tim atau DigitalSquad (Doni Hermawan).

Leave a comment