Ayo Tinggalkan Teknik SEO Yang Sudah “Usang”

DIGITALSQUAD – Saya suka dengan analogi “Social is SEO, and content is social”. Dengan analogi seperti itu maka sudah saatnya kita para praktisi di dunia digital marketing berpikir ulang bagaimana trik terbaik agar bisa mengoptimalisasi keberadaan kita di search engine, karena cara yang lama berangsur mulai tidak efektif dan membosankan.

Fokus Pada Audience, Bukan Pada Keywords

Ketika memperjuangkan sebuah keyword yang kita target, kadang kita sering mengabaikan “roh” dari konten itu sendiri, sehingga pembaca sering merasa jenuh ketika berkunjung ke sebuah halaman karena merasa diperdaya oleh konten SEO yang terlalu memaksakan dan tidak memiliki informasi bernilaiDi jaman seperti sekarang ini, teknik-teknik yang fokus pada keyword seperti itu sudah mulai ditinggalkan, mengapa? Karena para praktisi Digital Marketing kini lebih fokus pada strategi konten yang positif dan informatif agar bisa memberikan efek viral dan pandangan positif terhadap situs maupun brand mereka. Secara singkat, aktivitas SEO yang biasanya kita lakukan seperti bertukar atau membuat link sekarang berubah menjadi konten generator yang menyebabkan kita bisa mendapatkan backlink secara free dan masive karena konten yang kita share memang menarik dan bermanfaat.

Saat ini trik yang lebih banyak dipakai adalah dengan mengincar “engagement” di mana dari hubungan yang positif diharapkan audience bisa menggantikan peran keyword optimizing yakni menjadikan sebuah halaman direferensi kepada seluruh jaringan yang ia miliki (Share) dan ditambahkan dengan menghitung target ranking selaras berdasarkan biaya yang dikeluarkan (budgeting untuk quantity konten & iklan).

Kemudian, media untuk melakukan SEO kini juga sudah mulai meluas. Platform search engine sudah tidak menjadi satu-satunya tempat untuk para  pelaku SEO untuk bekerja. Kini sebagian besar sudah mulai memanfaatkan media lain seperti Facebook, G+, hingga Youtube. Dan pada halaman yang ingin dioptimasi, biasanya juga dibumbui dengan trik-trik marketing agar lebih viral dan menarik, baik itu dari segi judul, isi, hingga kegiatan kreatif lainnya. Untuk channel lainnya, ada baiknya Anda juga coba masuk ke komunitas-komunitas, lalu posting secara berkala dan kenalkan situs/brand Anda di sana, hadirlah sebagai pemberi solusi di sebuah bidang yang Anda minati, alhasil Anda akan menjadi pusat perhatian dan kunjungan terhadap setiap halaman post Anda pun akan semakin meningkat.

Dan yang terakhir adalah persoalan “konversi”. Sekuat-kuatnya kita mengerjakan SEO, tetap hanya satu poin yang kita tuju, yakni konversi (makes money). Jadi konten yang kita buat sebaiknya memang menarik, tertarget secara tepat, dan berhubungan dengan bisnis, sehingga kita tidak “menyerang secara random” lalu menghabiskan banyak waktu,uang, dan tenaga. (Doni Hermawan)

Leave a comment