5 Tips Mengubah Instagram Menjadi Fitur Marketing Menjanjikan

DigitalSquad – Sekarang ini, instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan. Tidak hanya terbatas pada berbagi foto dan video, pengguna instagram juga banyak menggunakan instagram untuk mencari produk yang relevan dengan kebutuhan mereka. Ini merupakan kesempatan yang tidak seharusnya Anda lewatkan. Terlebih dengan akan diluncurkannya fitur penerjemah, bukan tidak mungkin produk atau merek Anda akan go-international, kan?

Sebelum itu, simak lima tips yang akan berguna untuk meningkatkan akun Anda menjadi fitur marketing yang sangat menjanjikan:

Square is perfect. Pastikan foto yang Anda upload selalu berukuran persegi dengan kualitas yang baik. Walau instagram sekarang sudah memungkinkan untuk meng-upload foto berbentuk persegi panjang, tetap saja foto berbentung persegi lebih menarik perhatian pengguna instagram. Selain itu, Anda juga lebih gampang untuk mengatur proposi berbagai elemen di dalam foto, kan?

Use bit.ly. Memang akan terasa sedikit merepotkan karena Anda harus mengubah link yang ingin Anda sertakan. Tapi menggunakan bit.ly atau berbagai aplikasi untuk memendekkan link akan memberikan hasil terkait traffic yang lebih akurat dibandingkan Google Analytics jika pengguna mengunjungi website Anda melalui akun instagram. Jangan lupa untuk membuat bit.ly yang berbeda bagi setiap landing page campaign atau laman website utama Anda.

Be strategic. Jika digunakan untuk kebutuhan personal, instagram tentu saja menyenangkan dan spontan. Akan berbeda jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan marketing. Berbagai merek ternama memiliki merencanakan apa saja dan kapan mereka akan meng-upload-nya. Ini penting untuk menarik perhatian pengguna di saat yang tepat. Sekalipun perusahaan Anda masih kecil atau bahkan one-man show bukan berarti Anda tidak bisa melakukan perencanaan yang matang terkain masalah ini, kan?

Cross-promote. Tujuan Anda tentu ingin memarketingkan produk atau merek Anda. Walau begitu tidak ada salahnya sesekali Anda mempromosikan produk atau brand lain yang menurut Anda layak untuk Anda promosikan atau masih berhubungan dengan produk Anda. Ini salah satu cara agar pengguna tidak bosan dengan foto yang Anda upload. Selain itu, biasanya produk atau merek yang Anda promosikan akan berbalik mempromosikan produk atau merek Anda di akun mereka. Tentu ini kabar baik.

Check trending hashtag. Pengguna sering menggunakan fitur Instagram’s Explore untuk menemukan foto yang berhubungan dengan hashtag yang sedang tren. Nah, Anda juga bisa menggunakan hashtagyang sedang tren. Tapi pastikan hashtag itu berkaitan dengan produk Anda, ya!

Leave a comment