Tiga Hal Yang Wirausahawan Bisa Pelajari Dari Bob Dylan

Digital Squad – Bob Dylan adalah seorang musikus, penyair juga ikon budaya. Kenapa Bob Dylan istimewa? Sampai sekarang, Dylan masih menjadi salah seorang artis sepanjang masa dengan penjualan album lebih dari 100 juta keping. Dylan juga  masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, Hall of Fame penulis lagu, bahkan pada tahun 2012 Presiden Obama menganugerahinya dengan Presidential Medal of Freedom.

Tentu ada yang bisa dipelajari, khususnya oleh wirausahawan dari Dylan. Beberapa di antaranya adalah:

Ciptakan kesempatan. Dylan percaya kalau terkadang kita tidak tahu bagaimana atau apa yang harus kita lakukan tapi kita tahu bahwa itu akan berhasil. Jika kamu tahu dan yakin hal itu akan berhasil jangan pernah membiarkan orang lain menghalangimu untuk melakukannya. Walau demikian jangan lupa untuk menyusun rencana, menghitung dan mengatur berapa banyak yang akan kamu habiskan untuk mengikuti keyakinan tersebut. Pola pikir seperti ini akan menciptakan kesempatan.

Jangan pernah melihat ke belakang. Banyak yang lupa kalau melihat ke belakang tidak pernah membantu untuk mendapatkan sesuai atau mempercepat target kita tercapai. Selain itu melihat kembali apa yang sudah kamu lakukan atau keputusan apa yang pernah kamu buat hanya akan membuat sesuatu memberati masa yang sedang kamu jalani saat ini. Belajar seperti Dylan yang selalu melihat ke depan bahkan melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang lain selain dirinya sendiri yaitu kesuksesan yang diinginkannya.

Kepercayaan diri. Sebagai seorang wirausahawan kamu harus memiliki kepercayaan diri yang kuat. Dylan sering melakukan sesuatu yang tidak dimengerti oleh orang lain. Teman dan sahabat sering mengingatkan tentang keabsurdan pikiran dan tindakannya. Tapi karena dia percaya diri juga yakin pada apa yang dilakukannya, dia terus melakukannya hingga itu berhasil. Tentu saja kepercayaan diri yang kita bicarakan bukanlah kepercayaan diri yang membabi buta sehingga sekali pun kita jatuh atau terperosok kita tidak menyadarinya. Kepercayaan diri yang dimiliki oleh seorang Bob Dylan adalah kepercayaan diri yang terbentuk karena kemampuan menilai apa yang dimiliki serta kemampuan diri sendiri.

Ketiga langkah di atas terdengar sederhana. Kamu mungkin berpikir kalau itu hal sepele yang sama sekali tidak menentukan keberhasilan atau kesuksesanmu. Jangan lupa kalau kesuksesan dibangun dari hal-hal kecil. Sama sepeti perjalanan selalu dimulai dengan sebuah langkah kecil.

Leave a comment