Lima Alasan Perusahaan Anda Butuh Strategi DM

DigitalSquad – Dengan berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi terutama di bidang teknologi, berbagai usaha terutama usaha kecil dan menengah harus melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan. Apapun bidang bisnis yang dimiliki di saat sekarang dapat dikatakan tidak ada pilihan lain selain mengikuti perkembangan dengan merambah bidang digital dan dunia online terutama dalam bidang marketing. Ya, mau tidak mau tapi sekarang hampir seluruh model bisnis yang ada harus memiliki strategi digital marketing agar dapat tetap bertahan, tumbuh dan mendapatkan tempat di dunia digital yang serba cepat.

Strategi pemasaran digital atau digital marketing tentu saja berbeda dengan strategi pemasaran tradisional. Salah satu yang menyebabkan perbedaan ini adalah, dalam bidang digital. Di dunia digital, trafik saja tidak cukup. Bahkan bisa dikatakan tidak berguna kecuali trafik itu dapat dikonversi menjadi leads atau penjualan yang akan menguntungkan bisnis. Di dunia digital, digital marketing tools dan teknik yang tepat akan memberikan kesempatan terbaik untuk memenangkan kompetisi dan bertahan bahkan mungkin mengembangkan bisnis.

Jika kamu masih tidak cukup yakin mengapa bisnismu membutuhkan strategi digital marketing maka lima alasan di bawah ini akan membuatmu berubah pikiran:

Digital marketing menawarkan pengeluaran atau biaya yang lebih efektif. Jika dilakukan dengan strategi yang tepat atau benar, digital marketing akan memberikan keuntungan kepada bisnis kecil dan menengah. Berbeda dengan marketing tradisional yang memiliki poin utama pada modal, digital marketing menawarkan hal lain yaitu bagaimana menggunakan modal secara efektif. Tapi ini hanya akan tercapai jika memiliki strategi digital marketing yang tepat.

Interaksi yang lebih baik dengan target pasar.  Salah satu keuntungan yang tidak dimiliki oleh marketing tradisional adalah, digital marketing memfasilitasi interaksi dengan target pasar atau pengguna secara lebih baik. Tidak hanya membuat pemasaran lebih tepat sasaran tapi juga meningkatkan kepuasan dan pengalaman yang didapat oleh pengguna. Selain itu digital marketing juga meningkatkan nilai waktu karena sekarang bisnis kecil dan menengah bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif.

Menjangkau pengguna gadgetTidak bisa dipungkiri kalau saat ini semakin banyak netizen yang menikmati berbagai website dan aplikasi melalui smartphone mereka. Semakin sedikit orang yang menggunakan laptop bahkan komputer untuk sekadar browsing atau menggunakan media sosial. Dengan strategi digital, bisnis kecil dan menengah mampu menjangkau netizen yang menggunakan gadget atau mobile karena digital marketing merambah ke setiap hal yang ada di dunia digital. Contohnya banyak media sosial, misalnya Instagram, yang berubah fungsi dari sarana berbagai foto menjadi sarana untuk berjualan atau mempengaruhi netizen untuk tertarik mencoba atau membeli sesuatu barang atau produk. Tapi, sekali lagi, kuncinya ada pada strageti digital yang tepat.

Digital marketing membuat bisnis siap menghadapi Internet of Things. Internet of Things merupakan ekosistem global yang terdiri dari berbagai perangkat yang saling terhubung dan bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain melalui internet. Jika bisnis kecil dan menengah ingin bertahan di era Internet of Things yang akan datang sebentar lagi, maka sejak sekarang harus bersiap untuk menghadapinya. Lagipula Internet of Things merupakan sesuatu yang akan menguntung bisnis jika digunakan dengan tepat karena akan membuka peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Leave a comment