Ketahui Jenis Viral Yang Diinginkan untuk Meningkatkan Kesuksesan

DigitalSquad – Anda harus bertanya kepara mereka yang kontennya sudah menjadi viral kamu pasti akan menemukan kenyataan kalau fenomena viral itu merupakan kumpulan dari kerja keras. Kerja keras yang kita bicarakan tidak hanya kerja keras untuk membuat sesuatu konten yang layak dibagi hingga menjadi viral tetapi juga usaha untuk memposisikan dan menemukan cara paling tepat untuk mempromosikan konten tersebut akan terus menerus dibicarakan oleh netizen.

Untuk memahami bagaimana viralitas bekerja, hal pertama yang harus kamu ketahu adalah ada beberapa jenis viralitas. Banyak perusahaan yang berhasil membuat suatu produk atau konten menjadi viral dengan cara berbeda. Setidaknya ada lima cara yang berbeda untuk membuat suatu produk atau konten menjadi viral. Kenali kelima cara ini lalu putuskan mana yang ingin kamu gunakan menjadikan viral atau konten buatanmu viral.

Word-of-mouth virality. Cara ini merupakan cara tradisional dan cara pertama yang muncul ketika seseorang berbicara tentang konten viral. Tidak ada yang salah dengan ini hanya saja jika ini tujuan kamu, produk atau konten menjadi viral karena dibincangkan terus menerus, kamu harus memastikan kalau produk atau konten tersebut mudah untuk diucapkan, dieja dan dijelaskan. Sehingga ketika seseorang menyukai produk atau konten tersebut mereka dengan mudah mengingat nama produk atau bisa menjelaskan konten itu secara sempurna kepada teman atau kenalannya.

Incentivized word-of-mouth virality. Siapa yang tidak suka dengan diskon, kupon potongan harga atau tambahan jika menyebarkan produk atau konten itu dengan orang lain. Gunakan intensif ekonomi seperti ini untuk meningkatan viralitas produk atau konten agar orang terus menerus membicarakannya.

Demonstration virality. Secara sederhana ini adalah mengupayakan konten atau produk Anda menjadi viral dengan mendemonstrasikannya. Membuat orang membicarakan produk atau konten karena berulang kali melihat kemudian merasa penasaran dan ingin mencobanya.

Infectious virality. Kunci dari cara ini adalah undangan. Kamu harus mengundang mereka untuk mengenal atau mencoba produk yang kamu siapkan untuk menjadi viral. Tapi jangan lupa kalau undangan palsu atau spam akan memberikan efek buruk pada viralitas yang kamu inginkan.

Outbreak virality. Kita tidak boleh lupa kalau nama dan momentum yang tepat juga memiliki peranan besar dalam menciptakan viralitas. Beberapa produk dan konten menjadi viral karena disebarkan oleh mereka yang memiliki nama dan citra yang bagus sesuai dengan jenis produk dan konten yang mereka sebarkan. Tidak ada salahnya berinvestasi pada nama besar untuk meningkatkan viralitas.

Leave a comment