Empat Langkah Tingkatkan Interaksi Lewat Video di Facebook

DigitalSquad – Coba lihat timeline Facebook Anda, sebagian besar isinya pasti merupakan video yang di-share oleh kerabat, sahabat, bahkan mungkin rekan kerja atau klien. Hal ini tidak aneh mengingat saat ini video merupakan format yang paling disukai untuk oleh netizen. Setelah Anda menyadari realita ini, sekarang Anda harus berpikir bagaimana memanfaatkannya. Tentu saja Anda harus men-share video jika ingin meningkatkan engagement dengan follower Facebook Anda. Tetapi video seperti apa yang akan meningkatkan interaksi dan yang ingin di-share oleh netizen?

DigitalSquad sudah merangkum empat langkah mudah yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan interaksi melalui video di Facebook:

Aspirational. Apapun tema yang Anda pilih untuk video berikutnya, pastikan video tersebut aspiratif. Netizen suka melihat benda-benda sehari-hari yang sering mereka temukan terlihat menjadi lebih menarik atau dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa merekam kegiatan sehari-hari tapi pastikan itu terlihat menyenangkan. Akan lebih baik kalau Anda bisa membuatnya terlihat lucu atau konyol.

Do It Yourself. Tidak perlu dipungkiri bahwa ada sebagian dari diri kita yang ingin membuat sesuatu yang kreatif di sela berbagai kesibukan yang melelahkan. Sebelum menyiapkan video yang akan Anda upload, ada baiknya Anda mendaftar apa yang ingin Anda share lalu gunakan Quora, customer service feedback sampai Pinterest untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin dilihat oleh target audienceatau pertanyaan yang mungkin mereka miliki terkait dengan produk Ada. Setelah Anda mengetahuinya, buat video Anda sebaik mungkin dengan model DIY. Anda juga bisa menjadikan ini sebagai sumber inspirasi terutama untuk memilih judul atau caption video pilihan Anda.

Simple Instruction. Tidak mengejutkan ternyata video yang banyak di-share adalah video tentang membuat sesuatu (do it yourself project) yang dilengkapi dengan instruksi sederhana. Netizen ingin membuat sesuatu yang belum pernah mereka kerjakan sebelumnya tapi mereka juga ingin melakukannya dengan mudah. Selalu pastikan kalau video Anda sudah mengilustrasikan poin terpenting sekaligus yang paling menarik perhatian. Selain itu video Anda juga menunjukkan kalau dengan sedikit usaha akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa karena itu semua yang diharapkan oleh sebagian besar netizen.

Short. Berapa panjang durasi video yang akan di-share oleh netizen? Sebagian besar video yang akan di-share oleh netizen memiliki durasi di bawah dua menit. Bisa dikatakan, dua menit adalah durasi yang aman. Jangan lebih dari dua menit karena netizen cenderung untuk  mengacuhkannya kecuali Anda mengunggahnya di youtube.

Leave a comment