5 Alasan Sertakan Foto dan Video Dalam Digital Marketing

DigitalSquad – Media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian. Terutama bagi Anda, kreatif yang bekerja dalam bidang digital marketing atau pemilik online shop serta blogger. Anda tentu paham kalau saat ini bisa dikatakan media visual adalah raja dari digital marketing. Mulai dari video yang menjadi viral, meme sampai berbagai foto yang mendulang ribuan bahkan jutaan likes di media sosial. Seperti yang pepatah bilang, satu foto berbicara lebih dari seribu kata. Anda tentu sudah membuktikannya sendiri, kan? Saat ini media visual “berbicara” kepada pelanggan atau follower Anda dengan cara yang tidak pernah Anda lihat sebelumnya.

Dewasa ini, Anda hidup dalam masa di mana kamera ada dalam saku setiap orang. Tentu saja ini berkat teknologi yang diadaptasi dalam smartphone. Setidaknya ada lebih dari 2.5 milliar kamera aktif dan itu membuat Anda memasuki era baru yang dinamis di sekitar penciptaan foto, video dan konten. Hal ini dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Peningkatan besar-besaran dalam menghasilkan foto. Mungkin sulit untuk dipercaya tapi sepuluh persen foto yang dihasilkan oleh manusia dihasilkan dalam dua belas bulan terakhir. Peningkatan yang sangat menakjubkan, bukan?

Munculnya media sosial yang fokus pada konten visual. Foto sudah menjadi bahasa universal. Jika mengamati perkembangan media sosial, tidak mengherankan jika Facebook, Tumblr dan Instagram menjadi media sosial dengan perkembangan tercepat. Mengingat ketiga media sosial ini memudahkan pengguna untuk mengunggah dan berbagi foto dan video secara online. Ini menjadi daya tarik utama karena saat ini, semua orang senang untuk berbagi foto dan video keseharian mereka.

Foto menjadi lebih interaktif. Pinterest adalah platform media sosial pertama dimana pengguna bisa berinteraksi dengan foto statis dan aplikasi Luminate, ini hanya sebagai contoh. Ke depannya tentu akan semakin menjadi interaktif dan menarik lebih banyak pengguna.

Pertanyaannya sekarang kenapa Anda harus menggunakan foto atau video untuk melengkapi komunikasi bisnis, marketing dan media sosial untuk usaha atau merek Anda? DigitalSquad sudah merangkum lima alasan terbaik:

Menyertakan foto atau video dalam materi marketing akan meningkatkan empat puluh lima persen pengunjung.

60% konsumen lebih tertarik untuk menghubungi atau mempertimbangkan untuk membeli produk jika menyertakan foto atau video dihasil pencarian.

Dalam bidang e-commerce, 67% konsumen mengatakan kalau foto dari produk sangat penting ketika memilih atau membeli sesuatu secara online.

Jika Anda memiliki online shop maka Anda harus tahu sebagian besar calon pembeli lebih mengangkat penting foto yang menunjukkan kualitas produk daripada deskripsi produk.

Rating engagement di Facebook menunjukkan kalau foto memliki engagement yang lebih tinggi sebesar 37% dibandingkan teks saja.

Leave a comment