10 Fitur Whatsapp Yang Tidak Semua Pengguna Mengetahuinya

Digital Squad – Banyak yang menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan kerabat ataupun kolega. Hal ini terbukti aplikasi chatting ini menempati posisi teratas sebagai aplikasi pesan instan yang digunakan oleh pengguna smartphone di dunia. Sebagai apresiasi kepada penggunanya, WhatsApp terus memberi update fitur terbaru untuk aplikasi mobilemereka. Berikut 10 fitur terbaru yang hadir sejak awal 2016.

Bold, italics, strikethrough. Dalam berkomunikasi lewat pesan instan tentu ada beberapa obrolan yang seringkali menjadi permasalahan antara pengirim dan penerima pesan yang disebabkan salah menangkap maksud pesan atau terlewat membaca pesan yang disampaikan. Kini kamu bisa menebalkan, memiringkan atau mencoret teks obrolan kamu di WhasApp untuk mempertegas tulisan ataupun pesan. Caranya pun cukup mudah, untuk Bold kamu hanya menambahkan tanda bintang (*) di awal dan akhir kata, untuk italic kamu cukup menambahkan underscore (_) di awal dan akhir kata, serta untuk strikethrough kamu dapat menambahkan tilde (~) di awal dan akhir kata.

Menonaktifkan tanda centang biru. Centang biru menandakan bahwa kamu telah membaca pesan dari temanmu. Namun, kali ini kamu ingin membaca pesannya tanpa sang pengirim pesan tahu kamu telah membacanya? Cara menyembunyikan tanda tersebut, kamu masuk ke menu setting – account – privacy– lalu hapus centang pada pilihan read receipt.

Sembunyikan terakhir lihat WhatsApp. Ada beberapa pesan masuk, ada yang menurutmu penting dan ada yang menurutmu tidak terlalu penting. Untuk membaca pesan penting tentu kamu akan terlihat kapan terakir membuka WhatsApp yang biasanya muncul pada bagian status bar oleh friend list di kontak kamu. Nah untuk menyembunyikan hal tersebut, caranya dengan masuk setting – account – privacy – last seen.

Mengirim atau menerima dokumen. Kamu yang sedang berada di luar kantor atau rumah, tapi harus segera mengirim dokumen penting ke klien atau atasan atau partner kerja.  Sekarang kamu bisa mengandalkan           WhatsApp dengan fitur terbaru mereka kamu bisa berbagi file ZIP untuk mengirimkan file dalam jumlah besar, atau mengirim dokumen dengan format lainnya, seperti PDF, VCF, DOCX, dan DOCS.

Broadcast Message. Sebagai pemilik usaha, salah satu pemasaran yang dilakukan adalah melakukan broadcast message kepada para konsumen saat sedang melakukan promo ataupun mengumumkan produk baru. Saat ini kamu tidak perlu membuat grup WA baru lagi, jadi kamu bisa langsung menyebarkan informasi ke orang-orang yang menurutmu perlu mendapatkan informasi tersebut.

Cek orang yang baca pesan kamu di grup. Beberapa diantara kamu ada yang menganggap grup itu penting dan tidak karena biasanya grup akan ramai kalau sedang membahas topik yang tidak terlalu penting. Nah, paling sebal kalau kamu sedang memberikan informasi penting, tapi yang merespon hanya sedikit. Sekarang WhatsApp bisa mengetahui siapa saja yang sudah membaca pesan kamu di grup dengan cara menekan dan menahan obrolan atau pesan yang kamu kirim. Lalu, sentuh icon huruf “i” yang berarti informasi. Jadi kamu tahu siapa saja yang sudah baca pesan kamu.

WhatsApp hadir di desktop. Bekerja melalui PC atau laptop sering kali lupa mengecek ponsel untuk melihat pesan masuk. Saat ini kamu dapat menggunakan WhatsApp di desktop dengan mamanfaatkan fitur WhatsApp Web. Caranya, kamu buka laman WhatsApp Web, lalu menscan QR Code dari WhatsApp Web yang ada dikomputermu dengan menggunakan ponsel kamu.

Enkripsi end-to-end. Pihak WhatsApp telah memasang enkripsi end-to-end di setiap komunikasi yang dilakukan oleh satu miliar pengguna mereka. Artinya, setiap percakapan, dokumen, serta foto dan video yang dikirimkan lewat WhatsApp tidak akan bisa dilihat oleh siapapun, kecuali oleh pengguna yang dituju oleh si pengirim. Jadi, sekarang pemerintah, kepolisian, bahkan pegawai WhatsApp sekalipun, tidak akan punya akses untuk melihat komunikasi kamu dan friend list kamu.

Video call. Meskipun belum resmi hadir sebagai fitur tambahan, kemampuan video call di WhatsApp dinanti oleh penggunanya. Belum lama ini sejumlah pengguna WhatsApp beta versi 2.16.80 melaporkan sebuah opsi bernama “Video Call” tiba-tiba muncul. Sayangnya, opsi Video Call tersebut tidak bisa dipakai dan malah menampilkan pesan error ketika dipilih. Mungkin, fitur yang satu ini memang masih belum siap untuk di publik. Tapi, kemunculannya dalam versi beta menandakan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan peluncuran secara global, seperti fitur voice call tahun lalu, WhatsApp mungkin bakal merilis kemampuan VIdeo Call secara bertahap ke semua pengguna.

Call back. Sama dengan fitur video call, fitur ini juga sedang dipersiapkan oleh pihak WhatsApp. Fitur Call back memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan ulang WhatsApp Call hanya dengan menekan sebuah tombol yang terdapat pada notification bar bagian atas. Dengan begitu, pengguna tak lagi harus membuka aplikasi WhatsApp untuk melakukan hal tersebut.

Sekarang terbukti, kenapa layanan pesan instan milik facebook ini banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smart phone. WhatsApp mencoba menggarap tentang bagaimana menyuguhkan fitur komunikasi yang menarik serta biaya yang sangat murah. Jadi, bagi kamu yang mau mendapatkan fitur barunya silahkan update aplikasi WhatsApp kamu di Play Store atau App Store kamu.

Leave a comment